PNJ

Iptek Bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus

politeknik negeri jakarta


IbIKK Lembaga Sertifikasi Kompetensi


DIKTI melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat membuka peluang untuk pengembangan budaya knowledge based economy. Perguruan Tinggi diberi akses dalam wujud knowledge and technopark yang memanfaatkan pengetahuan, pendidikan maupun riset dosen. Dengan menyelenggarakan IbIKK (Ipteks bagi Inovasi dan Kreatifitas Kampus), perguruan tinggi berpeluang memperoleh pendapatan dan membantu menciptakan wirausaha baru.

Sejalan dengan hal tersebut, Politeknik Negeri Jakarta melalui IbIKK LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi) diberi kesempatan oleh DIKTI untuk melaksanakan program IbIKK Tahun 2015 sampai dengan 2017. Program IbIKK LSK merupakan manifestasi pengembangan dari Badan Sertifikasi Kompetensi (BSK) yang pada awal dibentuk, lingkup kegiatannya terbatas pada kegiatan sertifikasi di bidang konstruksi terhadap tenaga kerja, calon tenaga kerja, mahasiswa dan para siswa sekolah kejuruan.

Melalui IbIKK LSK kini menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi dan jasa konsultasi dibidang Arsitektur, Sipil, Mekanikal, Elektrikal dan Tata Lingkungan. Materi pelatihan mengacu pada Standar Kompetnsi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah dikonvensikan. Pelaksanaan Pelatihan dapat dilakukan di Politeknik Negeri Jakarta ataupun ditempat karyawan bekerja.

IbIKK LSK bertujuan meningkatkan kualitas tenaga kerja dibidang konstruksi untuk mendukung proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang membutuhkan tenaga kerja konstruksi.

Dalam Upaya turut membangun kekuatan dan peningkatan daya saing bangsa, BSK PNJ juga menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi kepada tenaga kerja bidang konstruksi yang materinya mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja nasional Indonesia (SKKNI) yang telah dikonvensikan.